PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMK DI TENGAH PANDEMI

03 Februari 2021 / Numanita Prima, S.Pd / Artikel

Indonesia merupakan salah satu negara yang terinfeksi pandemi Covid-19. Penyakit Corona virus 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus corona (SARS-CoV-2). Semakin merebaknya kasus berdampak kepada seluruh lapisan masyarakat, pasar, industry, hingga pendidikan. Berdasarkan Riset Nielsen yang bertajuk “Race Against the Virus, Indonesian Consumer Response towards COVID-19” mengungkapkan bahwa sebanyak 50% masyarakat Indonesia mulai mengurangi aktivitas di luar rumah, dan 30% di antaranya mengatakan bahwa mereka berencana untuk lebih sering berbelanja online. Bekerja pun dilakukan dari rumah jika memungkinkan dengan tujuan agar bisa mengurangi penularan Covid-19. Tidak hanya itu, dari sisi pendidikan kegiatan belajar mengajar juga dilakukan sacara daring (dalam jaringan). Hal itu juga tidak lain untuk mengurangi penularan, mengingat siswa (pelajar) merupakan generasi penerus bangsa yang wajib dijaga.

Dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) pemerintah mencanangkan belajar dari rumah melalui pembelajaran daring atau belajar jarak jauh. Pembelajaran secara daring ini dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Sehingga siswa tetap mendapatkan ilmu, walaupun mereka tidak secara langsung datang ke sekolah.

Namun, pembelajaran daring ini sangat dirasakan berat bagi guru dan siswa, bahkan orang tua. Hasil pembelajaran yang bisa dikatakan kurang berhasil menjadi salah satu hal yang paling mudah buat di amati. Bagaimana tidak, proses pembelajaran yang kurang maksimal menjadi salah satu penyebabnya. Euphoria pembelajaran yang tidak sama dengan pembelajaran di kelas membuat siswa kurang bersemangat dalam belajar. Selain itu, masalah kuota dan jaringan juga menjadi kendala bagi segelintir siswa. Terlebih siswa yang memang lokasinya berada di daerah pedesaan yang acapkali kesulitan mendapatkan jaringan yang bagus sekalipun menggunakan provider terkenal.

Pada jenjang SMK, kesulitan pembelajaran daring lebih dirasakan daripada di jenjang SMA. Hal itu karena pada jenjang SMK terdapat mata pelajaran program keahlian yang mendominasi. Mata pelajaran program keahlian biasanya merupakan mata pelajaran praktik, dimana siswa langsung dihadapkan dengan peralatan praktikum sesuai program keahliannya. Untuk program keahlian rekayasa perangkat lunak, teknik computer jaringan, multimedia atau yang berhubungan dengan software computer, mereka masih bisa untuk mempelajari dan mempraktikkannya walaupun mungkin tidak bisa maksimal. Tetapi untuk program keahlian lainnya seperti teknik mesin atau otomotif, mereka sangat kesulitan dalam pembelajaran daring ini karena tidak bisa praktikum secara langsung. Itulah mengapa dalam situasi pandemic seperti ini, masih ada sekolah yang tetap mengadakan pembelajaran langsung untuk mata pelajaran tertentu. Karena memang terdapat mata pelajaran yang pembelajarannya tidak bisa dilaksanakan secara online. Tentunya dengan sekolah tetap mewajibkan siswa yang datang untuk mematuhi protocol kesehatan.

Sebenarnya tidak hanya mata pelajaran program keahlian saja yang demikian. Mata pelajaran lainpun juga, terutama mata pelajaran matematika. Dengan pembelajaran langsung saja, hasil evaluasi seringkali menunjukkan hasil belajar yang kurang maksimal. Sehingga pembelajaran daring ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi guru matematika. Guru harus berani melangkah untuk menjadikan pembelajaran daring sebagai kesempatan mentransformasi pendidikan kita. Guru dituntut untuk senantiasa berperan aktif serta eksis, dan berkreativitas yang tinggi dengan menciptakan hal-hal yang baru dalam pembelajaran matematika. Keahlian dan kepribadian yang dimiliki guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan berperan sekaligus menjadi batu loncatan bagi peserta didik untuk meraih keberhasilannya di masa yang akan datang. Oleh karena itu, gagasan inovasi pendidikan oleh seorang pendidik sangatlah diperlukan dan sangat bermanfaat. Dengan berbagai dukungan elemen terkait supaya tidak terjadi ketertinggalan zaman pada sektor pendidikan. Diharapkan akan berimbas pada elemen-elemen kehidupan yang lainnya seperti politik, ekonomi, sosial dan lain-lain.

Matematika sebagai salah satu bidang studi yang diajarkan di lembaga pendidikan formal. Merupakan salah satu bagian penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Terlebih pada jenjang SMK teknik, matematika merupakan pelajaran yang sangat erat hubungannya dengan mata pelajaran program keahlian. Matematika merupakan penunjang keberhasilan dari pembelajaran di SMK.

Pelajaran matematika berhubungan dengan banyak konsep. Konsep adalah ide abstrak yang dengannya kita dapat mengelompokkan objek-objek ke dalam contoh atau bukan contoh. Konsep-konsep dalam matematika memiliki keterkaitan satu dengan yang lain. Saling keterkaitannya antar konsep materi satu dan yang lainnya merupakan bukti akan pentingnya pemahaman konsep matematika. Dari banyak konsep di atas, siswa belum bisa memahami suatu materi jika belum memahami materi sebelumnya atau materi prasyarat dari materi yang akan pelajari. Sebagian besar siswa kita sudah men-judge bahwa matematika itu sulit dan rumit. Pemikiran awal mereka yang men-judge matematika sulit seperti itu jelas akan memengaruhi terhadap penguasaan materi matematika.

Hal yang perlu diperhatikan oleh guru adalah cara membuat pembelajaran yang menarik bagi siswa. Untuk itu guru dituntut untuk melakukan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan dari inovasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai konsep matematika. Menumbuhkan rasa senang dalam belajar matematika, membuat siswa belajar nyaman dan tidak ada rasa takut dalam belajar. Sehingga kepercayaan diri siswa meningkat. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta penguasaan matematika. Yang berdampak pada peningkatan penguasaan pelajaran lain yang membutuhkan konsep matematika. Ke depannya akan sangat bermanfaat bagi siswa terutama siswa SMK dalam mempelajari mata pelajaran program keahlian. Serta bermanfaat bagi sekolah untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran di SMK.

Video Terbaru


A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(): https:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0

Filename: template/detail.php

Line Number: 20

Backtrace:

File: /home/h43959/public_html/application/views/template/detail.php
Line: 20
Function: file_get_contents

File: /home/h43959/public_html/application/controllers/V1.php
Line: 41
Function: view

File: /home/h43959/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(https://www.googleapis.com/youtube/v3/search?key=AIzaSyCF_9bVYXVxKNnbNWAWyUeJZ1B1NG04Hhc&maxResults=3&order=date&part=snippet&channelId=UC7h-mVjoYCEgijjHvmt1soQ): failed to open stream: no suitable wrapper could be found

Filename: template/detail.php

Line Number: 20

Backtrace:

File: /home/h43959/public_html/application/views/template/detail.php
Line: 20
Function: file_get_contents

File: /home/h43959/public_html/application/controllers/V1.php
Line: 41
Function: view

File: /home/h43959/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: template/detail.php

Line Number: 23

Backtrace:

File: /home/h43959/public_html/application/views/template/detail.php
Line: 23
Function: _error_handler

File: /home/h43959/public_html/application/controllers/V1.php
Line: 41
Function: view

File: /home/h43959/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once